Selasa, 17 Juli 2018

Pekan Ilmiah Mahasiswa STIKI Malang tahun 2017

Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIM) adalah ajang kompetisi yang setiap beberapa tahu sekali diadakan di Kampus STIKI Malang, saya sebagai Mahasiswa sudah 2 kali mengikuti kegiatan tersebut. Pertama pada tahun 2015 yaitu awal - awal kuliah atau bisa dibilang dalam masa - masa masih "MABA". Saat itu kategori yang saya ikuti adalah Blog Desain. Dalam kategori tersebut saya satu kelompok dengan teman bernama Teguh dan Roiyan. Karena ilmu kami yang belum sampai ke sana dan saat itu adalah pertama kalinya saya membuat blog kami tidak mendapatkan juara pada Kompetisi PIM ini. Tapi hal tersebut menambah pengalaman saya dalam mengikuti kompetisi ini di lain waktu. Oke cukup untuk PIM 2015, yang saya akan ceritakan adalah PIM pada tahun 2017.

Oke dalam Kompetisi PIM yang diadakan STIKI Malang pada tahun 2017 saya bersama 3 teman ikut dalam kategori Bussiness Plan Competition. Dalam kategori ini peserta diwajibkan mempresentasikan suatu produk / rencana bisnis mereka masing – masing. Produk yang saya bersama anggota kelompok saya presentasikan dalam PIM adalah Aplikasi bernama Service-In.


Singkatnya aplikasi ini berguna untuk membantu pengguna dalam mencari tempat service Smartphone, Laptop dan PC di area sekitar Malang. Dalam mempresentasikan hasil kerja, kami memang sedikit gugup karena kami presentasi kelompok terakhir dan sesi pertama, dan juga waktu yang seharusnya 10 menit presentasi per kelompok menjadi berkurang karena kelompok sebelumnya yang mengambil waktu cukup banyak. Tapi kami tetap optimis akan mendapat juara. Dan pada saat pengumuman juara nama kelompok kami disebut sebagai juara 2. Tentu saja pencapaian ini lumayan membanggakan karena kami baru pertama kali mengikuti PIM pada kategori ini. Oh ya Tim yang kami buat bernama WAVE dengan anggota 4 orang dengan anggota saya sendiri Bisma Gargita, dan tiga teman saya yaitu Roiyan Zadana, Windy, dan Mitsaq Enigma.


  

Sangat banyak pengalaman yang saya dapatkan disini. Selain pengalaman bagaimana berkompetisi dengan baik dan benar disini saya juga mendapatkan ilmu-ilmu dari para peserta lainnya. Lalu saya juga menjadi mengerti bagaimana menyusun business plan yang baik dan benar.


Tidak ada komentar:
Tulis komentar